Cara Membedakan Burung Kenari Jantan Dan Betina

Diposting oleh Aditya pada 16:35, 07-Apr-13 • Di: Burung Kenari , kicaumania , MENANGKAR BURUNG

...SALAM ABK MANIA...

wallpaper-gambar-foto-luk.jpg

Pengunjung blog aditbirdkicau.mywepblog.com yang setia. Pada postingan sebelumnya admin telah memposting JENIS MURAI BATU INDONESIA , nah untuk kesempatan kali ini seperti pada judul diatas admin ingin memberikan sedikit ilmu CARA MEMBEDAKAN BURUNG KENARI JANTAN DAN BETINA.


Siapa sih yang gak kenal dengan burung yang satu ini , burung yang mempunyai suara yang khas banget dan juga merdu sekali.


Kita semua tahu yang namanya burung yang mempunyai suara yang indah dan merdu itu adalah burung yang mempunyai jenis kelamin jantan.


Untuk mengetahui jantan atau betina burung kenari antara lain sebagai berikut:

1. Cara membedakan jenis kelamin dapat kita lihat mulai dari usia 3 hari. Jika pembuluh vena di sebelah perut akan turun menuju dubur maka dapat dipastikan burung ini adalah jantan. Pembuluh vena ini tidak akan tampak pada kenari betina. Sebaiknya hal ini dilakukan sebelum kenari jantan tersebut tumbuh bulu.

2. Dengan mencari anakan burung kenari yang mampu melompat paling jauh karena hal ini menandakan jenis kelamin jantan. Cara ini dilakukan dengan menaruh pada handuk dan sejajarkan seperti posisi kuda balap yang ada pada pacuan kuda.

3. Bedakan dengan memperhatikan pusat kaki bawah yang panjang sementara yang lainnya punya 3 telapak kaki yang memiliki panjang yang sama. Salah satu yang memiliki pusat kaki yang panjang akan sulit untuk bergabung dengan yang lain dan ini adalah kenari jantan. Kenari betina lebih mudah untuk bergabung karena ketiga telapak kakinya memilikiukuran yang sama.

4. Dengan melihat tulang belakang burung. Di sepanjang tulang belakang kenari jantan warnanya lebih kaku dan lebih pekat . Untuk yang betina warnanya kaku dan pekatnya tidak sampai sepanjang tulang belakang.

5. Dengan memperhatikan bentuk kepala kenari sebelum tumbuh bulu. Liatlah ke bagian kepala mereka. Untuk yang jantan lebih pipih (datar).Untuk yang betina lebih bulat. Sekitar usia 6 – 7 hari anak2 kenari tersebut mulai membuka mata.Jika jantan maka matanya sejajar dengan paruhnya. Untuk yang betina, letak mata diatas paruh yang menyebabkan tampilan kepalanya lebih bundar.

6. Jenis kelamin kenari juga dapatdibedakan dengan memperhatikan duburnya.

Seperti pada gambar berikut :

Burung kenari jantan
kenari-jantan.jpg
Burung kenari betina
kenari-betina.jpg
Sobat ABK mania itulah cara cara agar kita mengetahui jenis kelamin jantan dan betina pada burung kenari. Semoga apa yang saya tulis ini dapat bermanfaat untuk para kicau mania maupun pengunjung ABK mania.

...SALAM ABK MANIA...

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

38 tanggapan untuk "Cara Membedakan Burung Kenari Jantan Dan Betina"

Abdul Wahid pada 17:03, 07-Apr-13

Mantap Nih Kang Artikelnya.. He He..

Kalau Ada Waktu Mampir Balik Yah..

Visit My Blog :
http://abdulwahid.pun.bz/

Aditya pada 23:45, 07-Apr-13

@Abdul Wahid,
ok sob..

ALFARIZI BLOG pada 23:51, 07-Apr-13

Mantap postingannya kawan

semrawut pada 00:21, 08-Apr-13

Ijin praktek...O iya aku ga punya kenari ga jadi praktek

δiзиб ряздкнзя pada 00:27, 08-Apr-13

Hadir gan mantab ni ,,
Hebat gan bisa di bedakan ,,
Padahal gk jelas yo gan smile

Sukses selalu gan
Untuk blog informasi burung ini

Agus Prayitno pada 00:57, 08-Apr-13

gk pnya burung kenari sob... smile

Aditya pada 02:14, 08-Apr-13

@ALFARIZI BLOG,
thank's sob.

Aditya pada 02:16, 08-Apr-13

@Agus Prayitno,
ya beli gan.

Aditya pada 02:17, 08-Apr-13

@δiзиб ряздкнзя,
hehehe..
Ok dh gan..

Aditya pada 02:18, 08-Apr-13

@semrawut,
paleng cuma pnya burung cucak rowo buntute dowo ya gan wkwkwk..

nasrun gultom pada 03:15, 08-Apr-13

sip infonya gan

mampir ya ada yg barusmile

nasrun gultom pada 03:15, 08-Apr-13

sip infonya gan

mampir ya ada yg barusmile

Aditya pada 03:41, 08-Apr-13

@nasrun gultom,
ok gan..

RAKA pada 04:14, 08-Apr-13

kunjungan pagi sob'
Silakan kunjungi blog baru ane ya??????
bim4note.mwb.im

Aditya pada 05:52, 08-Apr-13

@RAKA,
yup thank's tas kunjungny..
Ok brow..

Trik gratis pada 11:13, 08-Apr-13

Berkunjung masta, ╚»МĂŃŤĂР«╝
tuh caranya biggrin

Aditya pada 11:22, 08-Apr-13

@Trik gratis,
yup...pas mantap.

AsenxMorvin pada 12:01, 08-Apr-13

kunjuan harian sob smile makin asik aja.. Postingnya.. Jdi intinya ijin yimak aja boz wink

Aditya pada 12:56, 08-Apr-13

@AsenxMorvin,
sip dah gan..

Seiver Dul Almasy pada 13:39, 08-Apr-13

Masalah Burung2 An biggrin Nyimak Aja

Andhi Firmansyah Pradana Andromeda pada 13:39, 08-Apr-13

wahh keren !! Bwt yg carik cww mwb di sini aj dijamin keren

http://an-dhifirm4nsya.mywapblog.com/css-mwb-hacker-paling-keren.xhtml

I m si Poets pada 13:39, 08-Apr-13

wah ternyata ada new post! Maaf gan gak tau

Mey Poethree Sugem pada 13:50, 08-Apr-13

Blog nya udah aku follow, aku tunggu folbacknya ya.. smile

Aditya pada 14:30, 08-Apr-13

@Mey Poethree Sugem,
sip tnang ja lsg ke TKP..

Aditya pada 14:31, 08-Apr-13

@I m si Poets,
hehe...g teringt ya.

Aditya pada 14:31, 08-Apr-13

@Andhi Firmansyah Pradana Andromeda,
woke sob.

Aditya pada 14:32, 08-Apr-13

@Seiver Dul Almasy,
bolh..

Aditya pada 14:32, 08-Apr-13

@Seiver Dul Almasy,
bolh..

santri xsell pada 00:33, 09-Apr-13

hadir sob !!
Di tunggu kunbal nya

http://xmanboy.heck.in

Aditya pada 00:40, 09-Apr-13

Santri xsell@...
Woke sob.

Fauzie Mobile Games pada 01:18, 09-Apr-13

hadir sob…

di tunggu kunbal nya

Aditya pada 04:27, 09-Apr-13

Fauzi Moble Games@..

Ok gan.

iwan nawawi pada 19:35, 01-Mei-13

nice post bro smile

wilda pada 11:39, 03-Mei-13

terimakasih banyak atas infonya sangat bermanfaat sekali untuk saya......!

Aditya pada 08:10, 04-Mei-13

@wilda,
sama2 om.

tri rahayu pada 10:40, 21-Jun-13

kenari dah ngeriwik tapi masih jarang masih ragu jantan pa betina

adon sugandi pada 22:07, 14-Jul-13

mantap nih informasinya<br />
bermanfaat sekali.. jd ngak gampang d tipu nih sama penjualnya<br />

ferdy pada 15:34, 07-Mar-14

thanks gan,,
mau jual ni gan,,kenari mantab udh gacor,,
di jual butuh buat biaya anak,,ane
700 rb aja bisa nego
minat bisa hub:089685987102

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Email:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

Kode Keamanan:
Aktifkan Gambar